Saturday, June 16, 2012

Baru Beli Handphone???Apa Yang Harus Dilakukan?


Dalam artikel sebelumnya Binggung Mau beli handphone baru atau bekas ? Baca dulu !!! telah saya jelaskan bagaimana memilih handphone yang layak untuk dipakai baik sebagai alat komunikasi atau hiburan.
Setelah anda memiliki handphone tersebut, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar anda bisa memaksimalkan dan menikmati semua fitur didalam handphone tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang patut anda coba atau pertimbangkan.

  • Update Firmware / OS
    Sebelum anda memakai handphone baru anda,tidak ada salahnya untuk memeriksa versi firmware / OS handphone. Seperti pada Nokia bisa anda periksa dengan menekan *#0000# pada layar awal.Update Firmware / OS berguna untuk menghindari permasalahan yang terdapat di firmware versi lama (khususnya jika anda membeli handphone bekas, hal ini sangat diharuskan karena anda tidak tahu apakah handphone itu firmwarenya bermasalah atau tidak).
    Update firmware bisa dilakukan dengan beberapa cara
    • Melalui Customer Service tiap vendor handphone (gratis jika masih dalam jangka waktu garansi)

    • Melalui PC Suite - tiap vendor handphone pasti memiliki software desktop untuk koneksikan komputer (seperti Nokia PC Suite, Samsung Kies, dsb.) dan handphone, fungsi lainnya adalah untuk Update Firmware namun perlu diingat anda harus memiliki koneksi internet.

    • Melalui handphone - memang benar ada update firmware langsung melalui handphone dengan koneksi ke internet untuk beberapa handphone tertentu, namun sangat tidak disarankan karena resikonya besar (koneksi internet mungkin saja tiba-tiba putus, atau baterai habis) karena jika pada saat proses update terganggu/gagal bisa menyebabkan dead phone (rusak).

    • Manual & Offline dengan software flashing - cara ini yang saya anjurkan karena selain tidak perlu koneksi internet, anda bisa juga memberi custom firmware (CFW).Hanya diperlukan bahan software flashing dan firmware untuk handphone yang akan di update. Caranya bisa melihat contoh di artikel Cara Update Handphone Samsung atau Cara Update Handphone Nokia.
      Perlu diingat bahwa cara ini bisa menyebabkan Dead Phone (Rusak) jika ada kesalahan saat update.untuk itu saya sarankan pilih pilihan 1 atau 2 jika anda belum mahir soal flashing melalui komputer

  • Original Firmware or Custom Firmware
    Ada 2 macam firmware yang bisa anda pilih untuk update firmware yakni Original Firmware (OFW) dan Custom Firmware (CFW).OFW adalah firmware asli dari pihak terkait(vendor) sedangkan CFW adalah firmware asli yang telah diedit (ditambah atau dibuang file yang ada di OFW).Silakan anda pertimbangkan dalam memilih OFW atau CFW, banyak CFW yang bisa berjalan baik bahkan ada yang menyebabkan makin buruk.

  • Memory Eksternal (MMC)
    Dengan fitur pemutar mp3,video,camera,foto mengharuskan anda untuk memberi memory tambahan (MMC),tiap handphone memiliki batasan kapasitas MMC yang harus digunakan namun ingat jangan terpaku pada batasan itu,misal diketerang tertulis batas MMC yang bisa dipakai 16 Gb maka pakailah MMC dibawah 16 Gb dan jangan pakai 16 Gb, karena bisa mempengaruhi kinerja kecepatan handphone.Pilihanlah MMC Yang berkualitas dan terjamin keawetannya.

  • Charger
    "Charge minimal 3 atau 4jam" hal ini yang sering anda dengar jika anda membeli handphone baru, sebenarnya hal ini tidak perlu, cukup charging sampai penuh - nyalakan dan pakai sebentar lalu charging lagi. 1 lagi hal yang perlu diperhatikan adalah charging jika baterai anda sudah hampir habis atau sudah habis, karena usia baterai tergantung juga dari banyaknya anda mencharging.Jika Charger anda rusak maka belilah yang orisinil jangan yang palsu karena bisa mempengaruhi kualitas daya baterai anda

  • Baterai
    Jika anda baru beli handphone saya sarankan beli juga baterai cadangan, karena mayoritas baterai bawaan handphone tergolong memiliki daya yang sedikit, usahakan beli dari merk yang terpercaya seperti baterai dari merk platinum

  • Casing, Cover, & Screen Guard
    Lindungi handphone anda dengan aksesoris seperti Casing, Cover, & Screen Guard dengan begitu handphone enak dipandang mata dan juga nyaman digunakan.Untuk Handphone layar sentuh(Touchscreen) jangan pernah memasukkan ke saku celana tanpa alat pelindung(kantong handphone) hal ini untuk menghindari layar pecah atau tergores.

  • Hack, Root, Or Jailbreak
    Setelah update firmware, handphone anda siap digunakan, bisa anda isi Aplikasi atau Game namun sebelumnya maksimalkan dahulu akses handphone anda agar anda memiliki kendali penuh.Dalam arti lain memiliki bahasa Hack dalam OS Symbian, Root dalam OS Android dan Jailbreak dalam OS IOS.
    Berikut beberapa cara yang bisa anda coba untuk OS Symbian dan Android :


  • Aplikasi & Game
    Setelah Update Firmware dan mempunyai kendali penuh ,anda bisa menggunakan Aplikasi & Game yang ingin anda mainkan, tapi ingat batasan kapasitas memory dan juga ram handphone anda..Pakailah Aplikasi dan Game yang anda butuhkan saja, jangan asal pasang jika anda tidak mengetahui atau tidak berguna untuk anda.
    berikut beberapa tips :

    • OS Symbian : usahakan memakai Aplikasi dan Game symbian(sis / sisx), jangan java(.jar) karena java di OS Symbian terbilang berat dijalankan, Jangan terlalu banyak memasang tema karena bisa mempengaruhi kecepatan Ram

    • OS Android : pilih baik-baik Aplikasi dan Game yang anda pasang nantinya, karena Aplikasi dan Game Android jumlahnya jutaan lebih.Hindari penggunaan Aplikasi dan Game yang membutuhkan koneksi internet, karena bisa membuat boros baterai.Untuk Aplikasi dan Game yang anda ambil dari Play Google hilangkan iklan dengan Aplikasi Lucky Patcher.Baca terlebih dahulu akses permissions baik-baik sebelum memasang.Jangan berlebihan memakai widget-widget agar baterai tidak cepat habis.

    • OS IPhone : Wajib untuk diJailbreak mengingat Aplikasi dan Game di toko ITunes berbayar, sehingga anda dapat menggunakan file installer dari situs atau forum lain.

    • OS Blackberry : wajib untuk membatasi Aplikasi dan Game yang anda pasang, karena OS Blackberry memasang Aplikasi dan Game pada memory internal sehingga jika anda terlalu banyak memasang Aplikasi dan Game, kinerja kerja handphone Blackberry bisa dipastikan menurun.

    • Note : Untuk semua OS usahakan jika Aplikasi atau Game yang sudah tidak atau jarang dipakai , silakan dihapus.

  • Internet
    Pastinya koneksi internet menjadi bagian tersendiri bagi anda, untuk browsing, download & upload, update status Facebook atau Twitter, Sekedar blog walking atau nonton video streaming itu semua terserah anda, namun jika anda tidak memrlukan koneksi internet silakan putuskan saja karena percaya atau tidak penyebab utama baterai cepat habis adalah koneksi internet secara berkelanjutan.Hindari pemakain Aplikasi atau Game yang membutuhkan koneksi internet dalam memainkannya (Game Online) dan hapus fitur iklan dengan Lucky Patcher pada Aplikasi dan Game OS Android.


Demikian beberapa tips dan saran bagi anda yang baru membeli handphone.Jika anda mempunyai saran lain yang bermanfaat silakan isi komentar dibawah.