Thursday, May 17, 2012

JPCSP - Java PSP Emulator

JPCSP adalah emulator PlayStation portable berbasis sumber terbuka yang ditulis dengan menggunakan bahasa Java dan dapat digunakan pada sistem operasi Windows serta Mac OS X. Proyek JPCSP telah dimulai pada bulan Juli 2008 dan dikembangkan oleh sebuah tim kecil dan aktif bernama PCSP Team.

JPCSP mengambil keuntungan penuh dari prosesor dual-core, yang cocok dengan arsitektur dual-core PSP. Bahkan quad-core dapat memberikan peningkatan kinerja dengan meninggalkan core CPU gratis untuk Java JIT Compiler dan grafis. JPCSP dengan menggunakan compailer java sebagai pembangunnya dan dual core sebagai acuan procesor performanya ada 300 game PSP bisa jalan di PC.

Proyek ini masih rilis beta, tersedia 300 permainan yang bisa dimainkan. Video dan suara ATRAC3 didukung, tetapi hanya pada sistem Windows 32bit. ATRAC3 + suara tidak secara langsung didukung. Saat ini belum ada codec gratis yang tersedia untuk format ini. Namun, ATRAC3 + dapat diterjemahkan secara otomatis pada Windows 32 bit ketika menginstal Sonicstage.

Persyaratan sistem
Harus memiliki JAVA - http://www.java.com/en/download/index.jsp
Minimum
  • Windows 32bit 64bit atau OSX / Linux 32bit atau 64bit / Mac
  • CPU: Pentium 4 dan atas
  • GPU: Setiap kartu grafis yang mendukung OpenGL 2.0 dan ke atas
  • 1GB RAM
Rekomendasi
  • Windows Vista / Windows 7 (32bit menggunakan JPCSP bahkan pada OS 64bit untuk memiliki suara dan dukungan video)
  • CPU: Dual core @2.5 GHz
  • GPU: Selalu menginstal driver terbaru
  • 2GB RAM atau lebih


Installasi
1. Download semua file bahan di atas
2. Ekstrak JPCSP
3. Install JRE
4. Ekstrak dan Install SonicStage
5. Letakan File ISO game PSP anda ke dalam umdimages ( foldernya berada pada JPCSP yang anda ekstrak tadi )
6. Jalankan JPCSP anda, caranya masuk ke dalam folder ekstrakan JPCSP dan klik start-windows-x86 or start-windows-x64 ( sesuai dengan versi windows anda, filenya berupa file batch atau bat ) Setting JPCSP anda, berikut contoh setting terbaik yang bisa saya berikan

Jika masih kurang jelas, gambarnya di zoom. klik tombol scrool pada mouse anda pada image untuk membuka gambar di tab baru.
Dan ingat, setting di atas hanyalah untuk settingan pada sebagian besar game PSP agar maksimal saat di jalankan oleh Emulator. Untuk beberapa game, terkadang menuntut untuk mematikan beberapa fungsi di atas

7. Jalankan game anda dengan mengklik File >> Load UMD >> Game anda >> Run
8. Selesai.

Note : File berjenis 7z, gunakan Software 7z untuk uncompress file