Saturday, April 28, 2012

Walkthrough Lament Island Part 1

TUTORIAL LAMENT ISLAND By Chernobyl

Baca artikel Lament Island v1.0(0) untuk mendapatkan Game tersebut.


---------------
FUNGSI TOMBOL
---------------
1 & 3 = Melompat kedepan
2 = Maju (Tekan 2 kali untuk lari)
4 = Belok kiri
5 = Action
6 = Belok kanan
7 = Jongkok (duduk)
8 = Jalan mundur (berhenti saat posisi lari)
9 = Jongkok (duduk)
* = Mode ketapel
# = Mode kapak
0 = Lihat Peta
* (item) = Barang
0 (item) = Item Pengobatan
# (item) = Key item
5 (item) = menggunakan,mengkombinasi,memeriksa detail key item.

---------------
TIPS
---------------
* Gunakan mode ketapel atau kapak untuk melihat keadaan sekitar.
* Sering-seringlah save (terutama saat mau masuk ruangan,karena anda tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi di ruangan itu)
* Jangan terlalu terpaku pada clue(petunjuk,karena beberapa petunjuk malah menjebak atau membuat jalan tujuan makin jauh)
* fokuskan pada suara-suara karena ada suara tertentu yang merupakan petunjuk (misal suara musik saat akan datang seekor kelelawar menyerang anda,jadi anda sudah siap dalam mode tempur.
--------------

Permainan dimulai ketika anda masuk dalam sebuah bangunan.Sesaat anda akan melihat sepasang kaki diatas tangga.
Disini anda akan diberi penjelasan singkat tentang navigasi dan keggunaannya,pelajari dengan seksama karena nanti dalam game ini butuh kecepatan dan ketelitian.

--------------------------
Chapter - Tutorial Basic
--------------------------
Sebelum naik tangga, ada baiknya anda pergi ke sebelah kanan kiri tangga (nanti anda akan tahu alasannya darimana kabut di pulau itu berasal), ternyata air mancur yang berasal dari patung mulut naga.
Naik tangga dan anda akan menemukan kapak kecil dan cara penggunaannya (tombol # untuk mengaktifkannya dan tombol 5 untuk mengayunkkannya).Tambahan nanti dalam game ini tombol 7 dan 9 berguna untuk duduk dimana berguna untuk mengambil barang-barang yang ada dilantai.
Belok kanan, disitu ada checkmark (papan kayu) gunakan kapak untuk menandai lokasi anda.setelah itu lanjutkan perjalanan anda sampai menemukan kotak kayu yang bisa anda dorong/tarik (tekan 5 untuk memulai,tombol 2 untuk dorong,tombol 8 untuk tarik).
Dorong kotak sampai ujung tanjakan,lalu tekan tombol 1/3 untuk melompat kedepan,teruskan dan anda akan melihat scene dimana anda diserang kelelawar dan terjatuh kedalam sebuah lubang rahasia.

-------------
Chapter 1 (MAP 1)
-------------

Lanjutkan sampai anda menemukan sebuah ruangan,lihat sebelah kanan ada sebuah peti harga karun (percuma isinya kosong), ambil ORIGAMI SWANS (Nanti dalam game ini akan ada Origami-Origami yang bisa anda kumpulkan, Origami-Origami ini merupakan sobekan dari buku diary seseorang, dimana dalam game ini menceritakan sesuatu).
Ambil juga BRONZE KEY dilemari kedua.Naik tangga, gunakan BRONZE KEY tadi untuk membuka pintu sebelah kiri.
Ambil RUSTY KEY dilemari,pecahkan vas dengan kapak untuk mendapatkan FIRST HERB...Sesaat anda mendengar suara berjalan di lorong,namun setelah anda periksa...TIDAK ADA SIAPA-SIAPA!!!.
Balik lagi ke ruangan, ambil BULLETS diatas meja, IRON NAIL diatas buffet.Buka item anda, sekarang kombinasikan RUSTY KEY dan IRON NAIL sehingga anda mendapatkan BRUSHED KEY.
Keluar dan tandai Checkmark dilorong, lanjutkan sampai pintu dan gunakan BRUSHED KEY untuk membuka pintu tersebut.
Periksa laci disebelah kanan pintu dan anda akan memperoleh BLUEPRINT MAP bangunan itu (tombol 0 untuk membuka peta).
Dorong kotak sampai ujung dan naik diatasnya untuk mengambil ORIGAMI TURTLE.
Perhatikan disudut ruangan ada susunan tembok yang aneh, hancurkan dengan kapak dan anda bisa melihat sebuah gambar mata yang ternyata sebuah pintu rahasia,masuk pintu rahasia tersebut.
-------------
Chapter 1 (MAP 2)
-------------

Lurus dan ambil SLINGSHOT(ketapel) serta BULLET dilemari, gunakan untuk menembak kelelawar yang menyerang anda (fokus pada suara-suara karena saat ada kelelawar mendekati anda,maka music akan berubah).
Di ruangan ini anda akan diserang 2-3 kelelawar,jadi waspadalah.Saya sarankan sebaiknya anda menggunakan kapak untuk melawan, karena ketapel sulit pengontrolannya.
Teruskan perjalanan sampai anda menemui pertigaan,ambil jalan kanan terlebih dahulu untuk mengambil FIRST HERB.Balik lagi teruskan ke jalan satunya.Ambil ORIGAMI FLOWER dilemari yang anda jumpai.
Ditengah jalan akan ada jebakan,perhatikan tempo jarum yang muncul terus lari.Dipertigaan ambil jalur kanan (akan ada lubang dengan tali,hiraukan dulu dan hati-hati disini akan sering kelelawar menyerang).Teruskan ke jalan sebelah kanan jebakan dan ambil BULLET didekat pintu.
==== MAP 2-1 ====
Balik dan masuk pintu (MAP 2-1), ambil TAPE RECORDER di atas meja, ORIGAMI TURTLE diatas drum kayu, dan FILM diatas meja panjang.
Cek debu yang ada diatas meja, lalu tekan tombol 5 dan tiup microphone handphone anda.Teruskan turun tangga dan ambil (WAJIB) WHITE STONE BALL) dan TAPE, Tandai juga papan dengan kapak.
Keluar ruangan (balik ke MAP 2) dan langsung menuju pintu sebelah kiri di peta(MAP 2-2).Ambil ORIGAMI FISH di peti harta karun di tengah jalan menuju pintu MAP 2-2.

==== MAP 2-2 ====

Ambil BULLET di atas meja panjang DAN JANGAN LANGSUNG MEMBUKA LEMARI DEKAT TEMBOK (nanti anda tahu alasannya).Tarik/dorong kotak kayu yang ada disitu ke tempat yang ada jendelanya.Taruh lurus dengan arah jendela.Naik Kotak tersebut lalu buka item pilih FILM.Sekarang Arahkan Handphone anda ke sumber cahaya yang terang (lampu, Cahaya matahari) dan tekan tombol kamera (hiraukan untuk anda yang menggunakan handphone yang tidak memiliki tombol kamera), ingat-ingat gambar tersebut,karena itu merupakan petunjuk lokasi penempatan batu.
Ambil ORIGAMI dilantai , 2 tanaman SHAMROCK ,WAJIB AMBIL DETOXIF YING HERB karena ini akan memutuskan hidup mati anda, ambil juga HAND MILITARY GENERATOR.
Kombinasikan OLD BATTERY dengan HAND MILITARY GENERATOR, anda harus memutar generator tersebut, perhatikan tempo putaran karena semakin lama semakin cepat.Setelah berhasil anda akan mendapatkan CHARGED BATTERY, Kombinasikan dengan TAPE RECORDER.
Kembali ke ruangan sebelumnya buka lemari yang tadi untuk mendapatkan BLACK BALL namun anda akan disengat laba-laba beracun, Langsung gunakan DETOXIF YING yang anda ambil tadi untuk menetralisir racun (itulah alasanya saya melarang anda membuka lemari itu di awal masuk ruangan ini).
Keluar ruangan dan balik ke MAP 2

==== MAP 2 ====
Balik ke tempat lubang yang ada talinya, gunakan kapak untuk memotong tali maka kotak kayu yang bergelantungan akan jatuh diatas jarum besi, setelah itu tarik kotak kayu kecil(disebelah kanan dari lubang) sampai dekat dengan kotak kayu besar, lompati kotak kayu tersebut.Ingat untuk waspada dengan serangan kelelawar.
Teruskan perjalanan anda sampai MAP 2-3 (hiraukan pintu sebelah kanan, karena percuma saja itu hanya jalan buntu).
Perhatikan simbol yang ada di pintu itu sama persis dengan simbol yang anda temukan di meja panjang.

==== MAP 2-3 ====

Pada awal anda akan menjumpai sebuah pintu disisi jurang, ambil BULLET, untuk mencapai pintu anda perlu menekan tuas di sisi jurang dengan ketapel agar jembatan kayu bisa muncul, namun sebelumnya bunuh 3 kelelawar yang ada diatas agar tidak menggangu anda nanti.
Setelah jembatan muncul lanjutkan sampai anda menemukan Pintu Naga.
Gunakan dan pasang WHITE BALL dan BLACK BALL sesuai FILM yang anda dapatkan tadi.Jika anda lupa silakan lihat gambar.
Pintu Naga akan terbuka, setelah anda memasukinya ada seseorang yang membuntuti.

Chapter 1 selesai...

To Be Continue...